Foto : Dinas Perikanan  Kabupaten Tulungagung beri pelatihan pengolahan ikan pada ibu rumah tangga dan pelaku usaha perikanan

Suaramuda.com - Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Olahan Perikanan (P2HP) menggelar Pelatihan diversifikasi olahan ikan yang semakin beragam untuk kesehatan masyarakat.

Pelatihan ini bertempat di gedung serbaguna Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Selasa (7/10/2023) diikuti oleh 25 orang ibu-ibu rumah tangga dan pelaku usaha perikanan Desa Pagersari Kecamatan Kalidawir.

Kepala bidang pengolahan dan pemasaran hasil perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Purwaningsih, S.S mengatakan, tujuan palatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam mengolah ikan menjadi berbagai olahan macam masakan yang lezat dan bergizi.

Menurut Purwaningsih, pelatihan pengolahan ikan merupakan wujud upaya Dinas Perikanan dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia ( SDM) mendapatkan motivasi dan ketrampilan tentang cara membuat ikan berbahan dasar ikan lele. 

Dengan kegiatan pelatihan mengolah ikan, diharapkan bisa memberi peluang bagi ibu rumah tangga dan pelaku usaha perikanan agar dapat berkembang dan meningkatkan ekonomi keluarga. 

"Biasanya ikan lele di masak untuk lauk pauk, namun pada pelatihan ini mereka mempelajari olahan ikan lele dijadikan krupuk ikan dan dimsum," ujar Purwaningsih.

Kegiatan pelatihan sangat bermanfaat dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan demi kesehatan dan kecerdasan anak. (Indh)