Foto : Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tulungagung Bambang Triono.

Suaramuda.com - Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono menyatakan, tanggungjawab suksesnya Pemilu dan pelaksanaan pemilu damai tidak hanya para pemerintah, khususnya tiga pilar Namun harus ada komitmen yang tinggi dari masyarakat.

Maka dari itu kata Bambang, pemerintah telah membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang sudah di kukuhkan oleh Bupati, guna membantu mendeteksi dan mencegah dini potensi potensi kerawanan konflik sosial, baik itu menjelang pemilu atau secara umum yang diberikan oleh pemerintah.

Cara pendekatan FKDM sendiri dalam pemilu dipastikan sampai tingkat kecamatan bahkan tingkat desa artinya setiap ada potensi atau terjadi permasalahan di lapangan dapat menginfornasikan pada aparat, baik itu pemerintah ataupun TNI Polri, agar segera di tindak lanjuti, di tangani supaya tidak mengembang.

"Persoalan pemilu 2024, yang akan menangani pertama adalah Bawaslu, jadi FKDM hanya bisa melaporkan ke Bawaslu atau bisa ke aparat penegak hukum," jelasnya.

Peran Kesbangpol menjelang Pemilu cenderung mensosialisasikan peran dan fungsi FKDM , dan tugas FKDM yaitu Pemilu dan Pilkada, yang tugasnya membantu pemerintah menciptakan pemilu damai dan kondusif.

"Jika ada hal hal rawan menimbulkan konflik, diharapkan bisa diinformasikan kepada aparat," tegas Bambang Triono.

Pihaknya berharap, mudah mudahan Pemilu 2024 Kabupaten Tulungagung aman aman saja. Tidak ada konflik dalam pemilu nanti. Namun justru sekarang yang perlu di waspadai adalah anak anak muda misalnya, menggelar Iven musik, datang berkonvoi dengan mendatangkan salah satu calon tertentu. Dari situlah pihak tertentu juga pasti akan datang lagi.ini menjadi kewaspadaan dari aparat. (Indh).