Foto : Rombongan Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Al-Ittihad Rumbai Photo Bersama Narasumber Dr Ir Sadarman SPt MSc IPM dan Purwanto dari UIN Suska Riau.

Suaramuda.com - Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Al-Ittihad Rumbai melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) pada hari Selasa (23/01/2024).

Dalam kunjungan tersebut, ketua rombongan Muhammad Ichsan Ardianto mengatakan, Kunjungan ini merupakan program tetap Yayasan Kesatuan Pendidikan Islam (YKPI), di mana siswa yang sudah duduk di Kelas XI akan dibawa berkunjung ke kampus-kampus, tujuan utama adalah Pulau Jawa, namun ada beberapa siswa yang tidak mampu ikut, maka mereka diajak untuk berkunjung ke kampus-kampus terkenal di sekitar Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Rombongan siswa SMA IT Al-Ittihad Rumbai disambut hangat oleh Rektor UIN Suska Riau Prof Dr Hairunnas MAg yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof Dr Hj Helmiati MAg beserta Wakil Rektor II dan III. Turut hadir pada penyambutan ini Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK), Dekan dan Wakil Dekan, Kabag Akademik, dan bagian lainnya. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada siswa SMA IT Al-Ittihad Rumbai. “Kami ucapkan selamat datang di kampus kami, Kampus Islam Madani, tempat melahirkan generasi muda berpengetahuan agama dan umum yang Islami, yang beretika Islam dalam dunia kerja,” kata Prof Dr Hj Helmiati MAg.

Menurutnya, pilihan studi calon mahasiswa sebaiknya dititikberatkan pada pilihan hati bukan paksaan. “UIN Suska Riau menawarkan 44 program studi untuk tingkat diploma dan sarjana, baik program studi agama maupun program studi umum, dengan demikian, jika program studi pilihan hati Ananda ada di sini, mengapa harus ke Pulau Jawa untuk melanjutkan studinya, cukup di sini saja karena dekat bersama orangtua,” himbau Prof Helmiati.

Purwanto, dari tim akademik UIN Suska Riau, memaparkan terkait dengan tatacara agar bisa kuliah di UIN Suska Riau. Pada kesempatan tersebut, Purwanto menjelaskan bahwa untuk bisa menjadi mahasiswa baru, calon mahasiswa dari berbagai sekolah dapat mengikuti jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program studi yang ditawarkan adalah prodi umum.

Selanjutnya, Kementerian Agama Republik Indonesia menawarkan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) untuk prodi berbasi Agama Islam. Terlepas dari 4 jalur tersebut, Perguruan Tinggi Wilayah Barat menyelenggarakan seleksi masuk perguruan tinggi dengan nama Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM-PTNB), khusus untuk prodi umum.

UIN Suska Riau juga menyediakan jalur mandiri bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studinya, jalur mandiri dimaksud adalah Undangan Mandiri dan CAT Mandiri, mahasiswa bebas memilih baik prodi umum maupun prodi Agama Islam.

Sekretaris Admisi UIN Suska Riau, Dr Ir Sadarman SPt MSc IPM memaparkan terkait dengan profil singkat UIN Suska Riau. “Nama UIN Suska Riau bermula dari Institut Agama Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim (IAIN Susqa) Pekanbaru yang merupakan cikal bakal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, didirikan pada tanggal 19 September 1970 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 194 Tahun 1970 dengan Rektor pertama Bapak Prof. H. Ilyas Muhammad Ali,” kata Dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan itu.

Lebih lanjut Sadarman menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2005 tanggal 4 Januari 2005 terjadi perubahan nama dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Perubahan nama tersebut diresmikan pada tanggal 9 Februari 2005 oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Dr H Susilo Bambang Yudhoyono. Selanjutnya, sebagai tindak lanjut dari perubahan status ini, Menteri Agama Republik Indonesia menetapkan Organisasi dan Tatakerja Univeristas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2005 pada tanggal 4 April 2005.

Sekretaris Admisi UIN Suska Riau ini menjelaskan bahwa saat ini UIN Suska Riau terakreditasi B, memiliki 8 fakultas dan program pascasarjana dengan 44 program studi dengan jenjang pendidikan D3 dan S1 ditambah dengan 10 program studi pascasarjana baik untuk jenjang pendidikan S2 maupun S3.

UIN Suska Riau mempunyai 735 orang dosen dan 406 orang tenaga kependidikan. Hingga saat ini, jumlah mahasiswa sebanyak 26.442 orang termasuk mahasiswa jenjang pendidikan D3, S1, S2, dan S3. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.394 orang mahasiswa kuliah dengan memanfaatkan dana beasiswa dari berbagai pemberi dana sehingga mereka tidak hanya mengisi waktunya dengan belajar, disela waktu kosongnya, mereka menorehkan prestasi baik di tingkat lokal, regioan, nasional, dan internasional, seperti Satria Trisna Rinaldi SPt (Prodi Peternakan) yang meraih penghargaan sebagai Juara ke-3, The Best Presenter, dan Finalis, semuanya dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh kampus-kampus bergengsi, mencakup Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Duta Bangsa Surakarta, dan Universitas Brawijaya Malang. Syakira Erawati, Muhammad Adil Maharaja, dan Faisal Ananda Widyanof (Prodi Peternakan) dinobatkan oleh Panitia Pelaksana Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang sebagai Juara Favorit. Selanjutnya, di akhir semester ganjil kemarin, Ravian Syahputra dan Muhammad Adil Maharaja (Prodi Peternakan) berhasil meraih Juara ke-1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Pesona yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Khairun, Ternate.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa UIN Suska Riau tidak hanya piawai dalam studi yang digelutinya, mereka juga piawai dalam bidang lainnya. Dengan demikian, tiadalah keraguan bagi calon mahasiswa baru tahun 2024 ini untuk memilih kuliah di Kampus Islam Madani UIN Suska Riau yang Terbilang dan Gemilang ini. Kami tunggu kehadiran Anda di kampus kami. (Sadarman).