Foto : Dr. H. Syahrul Aidi Maazat, Lc., MA Anggota DPR RI.

Suaramuda.com - Selain mampu membantu masyarakat lewat mewujudkan aspirasi pembangunan dan program bantuan untuk masyarakat dari APBN, ada hal lain yang membuat Syahrul Aidi Maazat merasa berbangga dan merasakan kepuasan batin sebagai perwakilan Riau di DPR RI, Senayan Jakarta selama hampir 5 tahun ini.

Hal lain yang membuat Syahrul Aidi bangga itu adalah setelah melihat perannya selama 4 tahun lebih, ia mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya Kampar dan Riau memiliki wakil di DPR RI untuk memperjuangkan kepentingan daerah di pusat.

"Hal yang membuat saya bangga, selain dapat membatu masyarakat banyak lewat program dan pembangunan infrastruktur adalah peran saya mampu menyadarkan banyak orang akan pentingnya kita memiliki wakil di DPR RI," ujar Syahrul Aidi di sela kunjungannya di Koto Kampar Hulu, Kamis (8/2/2024).

Syahrul menyebut, keberadaanya sebagai orang Kampar pertama setelah 20 tahun reformasi yang mewakili Riau di DPR RI mampu memberikan penyadaran politik akan pentingnya memiliki wakil di Senayan. Ini kata dia, berkat dirinya selalu berusaha betul-betul hadir melayani masyarakat lewat program-program untuk rakyat melalui APBN. Bukan sekedar menjadi wakil yang setelah terpilih menghilang dan tak pernah muncul lagi kecuali saat mendekati pemilu seperti yang selama ini terjadi.

"Latar belakang saya seorang pendakwah, keberadaan saya harus mampu memberikan penyadaran politik pada masyarakat, karena latar belakang itu, saya tak boleh sama dengan politisi kebanyakan, saya harus memberikan pendidikan dan penyadaran politik perwakilan, serta harus ada dampak lebih dari diri saya sebagai wakil Riau di DPR RI," ungkap Syahrul.

Sebagai wakil rakyat di Senayan, Syahrul Aidi mengatakan selalu berkomitmen untuk melayani masyarakat sepenuh hati. Salah satu caranya adalah, ia mesti mudah ditemui masyarakat, HP-nya selalu aktif dan mudah dihubungi.

"HP saya selalu aktif, kalau pun non-aktif itu saat di pesawat, selain itu selalu aktif dan saya selalu siap dihubungi masyarakat," beber Syahrul.

Dalam berkampanye, ia juga tak mau mengiming-imingi masyarakat agar memilih dirinya dengan sembako maupun materi berupa uang. Masyarakat harus memilih dengan kesadaran yang dituntun hati nurani bahwa yang akan dipilih adalah orang yang benar-benar mampu amanah, serta mau melayani masyarakat dengan sepenuh hati setelah duduk.

"Saya tak mau masyarakat memilih saya karena diberi sembako. Tapi kalau ada masyarakat yang betul betul sulit, memang sudah tak memiliki yang akan dimasak di rumah, bilang sama saya, pasti akan saya bantu," tutur Syahrul.

Pantauan di lapangan, saat berkunjung ke hampir 10 titik di ke Kecamatan Koto Kampar Hulu, Syahrul Aidi disambut antusias oleh masyarakat. Masyarakat yang ditemui politisi PKS itu menyatakan siap memilih dirinya pada 14 Februari nanti. Mayoritas dari mereka sudah kenal dan mengetahui banyak warga yang telah mendapat manfaat dari jabatan Syahrul Aidi di DPR RI, seperti sudah banyak warga yang telah menerima bantuan rehab rumah yang nominalnya mencapai 20 juta per keluarga, selain itu ada juga bantuan WC dan masih banyak program lainnya.

Seorang ibu di Koto Kampar Hulu, Ely beralasan, memilih Syahrul Aidi di pemilu 2024, karena menurutnya selama 4 tahun lebih kader PKS itu duduk di DPR RI, telah memberikan bukti pelayanan kepada masyarakat Kampar. Sebutnya, Syahrul Aidi sering turun ke masyarakat, memberikan bantuan program. Ia juga sering blusukan dan berceramah di masjid-masjid. Warga pun sering menyimak kiprah Syahrul di DPR RI lewat media sosial.

"Ustad Syahrul tu yang sering nampak oleh kami, baik di acara di kampung kita ini, apa lagi di Facebook, Ustadz pidato (berbicara) di DPR pusat. Kami suka wakil rakyat macam Ustadz Syahrul. Apalagi hanya dengan Ustadz kami sering jumpa. Anggota lain tak pernah jumpa, di Facebook pun tak pernah nampak perjuangan mereka di pusat," ujarnya memberi alasan kenapa mendukung Syahrul Aidi. (NAZ)