Foto : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno Launching  Sistem Informasi Tata Ruang Untuk Spasial Tulungagung (Si- Trust).

Suaramuda.Com - Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas PUPR resmi meluncurkan Sistem Informasi Tata Ruang Untuk Spasial Tulungagung (Si Trust) untuk memberikan pelayanan efektif dan transparan kepada masyarakat.

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno menyampaikan, kemudahan akses informasi tata ruang merupakan langkah maju, dan wujud transparansi di era digital, karena masyarakat bisa dengan mudah mengakses serta mendapatkan informasi tata ruang pada satu bidang yang diinginkannya.

" Aplikasi Si- Trust ini memberikan kemudahan kepada masyarakat dan calon investor untuk melihat langsung tata ruang di Kabupaten Tulungagung. Masyarakat bisa mencetak keterangan kondisi bidang sebagai acuan untuk mengurus proses perizinan di lembaga yang memerlukan," kata Heru Suseno, Selasa,.(11/06).

"Terciptanya sistem informasi tata ruang yang terintegrasi ini menjadi sangat penting karena bisa membantu dalam mengoordinasikan berbagai aspek perencanaan dan pembangunan, serta memastikan bahwa investasi yang masuk di kabupaten Tulungagung dapat terwujud secara optimal sesuai dengan rencana tata ruang yang telah ditetapkan," sebutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung, Dwi Hari Prasetyo menuturkan, ada beberapa kabupaten sudah memiliki aplikasi yang serupa, yaitu Kabupaten Badung Provinsi Bali, dan di wilayah Bandung Barat. Sementara di Provinsi Jawa Timur yang baru memiliki aplikasi adalah Kabupaten Tulungagung.

Disebutkan, rincian tersebut perlu waktu sekitar dua bulan untuk dapat menggabungkan berbagai informasi yang disusun sebagai inti aplikasi Si- Trust. (Indh).