oleh Dr. Nini Ariyani, M.Pd 
(Dosen STKIP Aisyiyah Riau)

Pekanbaru- Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Aisyiyah Riau menggelar pelatihan pengolahan sampah menjadi bahan bermanfaat berupa tas. Pelatihan tersebut diperuntukkan bagi ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Padang Terubuk Pekanbaru.

Ketua STKIP Aisyiyah Dr. Nini Aryani, M.Pd yang juga Ketua Tim Pengabdi dalam kegiatan pengabdian masyarakat (pengabmas) tersebut mengatakan bahwa kegiatan digelar selama dua hari yakni, Kamis (27/6/2024) dan Jumat (28/6/2024).   Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah dosen Nopa Wilyanita, M.Pd, Asri Neli Putri, M.Pd.E dan mahasiswa semeter 4, atas nama Efriani.

Tim Pengabdian Masyarakat STKIP Aisyiyah Riau, usai menggelar pelatihan pengolahan sampah jadi tas cantik di Pekanbaru, Jumat (28/6/2024)

Nini menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar menggunakan hibah Pimpinan Pusat Aisyiyah tersebut diberi tema, pengolahan sampah plastik menjadi tas cantik untuk ibu-ibu rumah tangga kelurahan Padang Terubuk. Dipilihnya tema tersebut karena memiliki banyak manfaat seperti kepedulian terhadap lingkungan dalam mengurangi sampah, serta meningkatkan kreativitas ibu rumah tangga dan menjadi peluang bisnis. “Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi ibu-ibu rumah tangga,  karena merupakan kegiatan yang peduli terhadap lingkungan, membantu meningkatkan kreativitas ibu rumah tangga serta berpotensi untuk menjadi peluang usaha baru,’’ucapnya.


Kegiatan pelatihan pengolahan sampah plastik yang digelar Tim Pengabmas STKIP Aisyiyah Pekanbaru

Ditambahkannya, para kaum ibu yang memperoleh kesempatan mengikuti kegiatan tersebut mengharapkan ke depan dapat diberikan lagi berbagai macam bentuk pelatihan yang bermanfaat, sehingga semakin menjadikan mereka kreatif. “Alhamdulillah kegiatan terlaksana dengan lancar, sesuai dengan yang diharapkan,’’imbuhnya.(molli)