Iklan

Iklan

,

Iklan

Lestarikan Adat Istiadat Tahunan, Arjunalis : Ajak Ninik Mamak Kembali Hidupkan Tradisi

Redaksi
4 Mei 2022, 15:11 WIB Last Updated 2022-05-04T08:11:21Z
Lestarikan Adat Istiadat Tahunan, Arjunalis : Ajak Ninik Mamak Kembali Hidupkan Tradisi

XII KOTO KAMPAR - Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai budaya, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang mengatur tingkah laku manusia antara satu sama lain yang lazim dilakukan di suatu kelompok masyarakat.

Kenegarian Pulau Gadang Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar, Masyarakatnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai norma  adat istiadat yang turun temurun dari zaman dahulu leluhur nenek moyang.

Desa Koto Mesjid Dusun III, IV Kampung Baru  Melaksanakan Khatib Adat yang diadakan setiap Tahun Hari Raya Idul Fitri. Rabu  04 Mei 2022.

Kepala Desa Koto Mesjid Arjunalis Datuk Rajo Penghulu, berharap Adat Istiadat ini dapat kita jaga, kita lestarikan agar tetap turun temurun, karna Adat Istiadat tidak bisa dirobah. 

"Sudah Dua tahun kita tidak melaksanakan acara ini, karna musibah Corona, jadi hari ini kita bersyukur karna pemerintah telah memberikan izin agar kita bisa pulang kampung. Bisa berkumpul sanak saudara dan bisa mengadakan acara seperti ini," Ujar Arjunalis 

"Mari kita jaga kekompakan ini, jaga Silaturahmi antara sesama kita, saya pinta Ninik mamak dan masyarakat kembali hidupkan Tradisi ini, Semoga Pelestarian adat isti adat ini tetap terlaksana setiap tahunnya," Ujar Arjunalis. (HAP)

Iklan