PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memberikan penghargaan kepada PT RAPP sebagai perusahaan terdepan dalam pengentasan stunting. Penghargaan ini juga diserahkan oleh Gubri kepada lima kabupaten terbaik. Sedangkan, perusahaan swasta yang menerima penghargaan ini hanya PT RAPP/ APRIL Group.

Seperti diketahui di Riau banyak terdapat perusahaan-perusahaan besar, sehingga diharapkan bisa berkontribusi dalam menangani kemiskinan ekstrem di Bumi Lancang Kuning ini.

Harapan tersebut diutarakan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam Rapat Koordinasi Teknis Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Riau Tahun 2022, berlangsung di Hotel Pangeran Pekanbaru, Senin 03 Oktober 2022.

Gubernur Syamsuar membeberkan, berdasarkan data Maret 2022 Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan secara umum Indonesia adalah sejumlah 9,54 persen atau 26,16 juta jiwa dan Provinsi Riau sebesar 6,78 persen atau 483,03 ribu jiwa dengan garis kemiskinan Rp. 605.912,-per kapita per bulan. 

Untuk mengatasi kemiskinan ekstrem, Gubri menyebut tidak dapat hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun unsur non pemerintah dan swasta juga berperan penting dalam upaya percepatan tersebut. 

"Di Riau ini sebenarnya kan banyak sekali perusahaan besar, disemua daerah ada perusahaan. Kalaulah perusahaan swasta di semua daerah ini mau membantu, sudah selesai nih kemiskinan ekstrem," ujar Gubri. 

Gubernur Syamsuar berharap, bupati/wali kota membuat perjanjian atau kerjasama secara tertulis bersama pihak swasta dalam upaya pengentasan kemiskinan didaerah. 

"Karena itu harapan kami melalui bupati/wali kota, ajak mereka (swasta) buat perjanjian kerjasama secara tertulis, karena CSR nya itu bisa membantu. Saya pikir sudah sewajarnya juga bupati/wali kota menunjukkan kewenangan di daerahnya masing-masing," pungkas Gubri. (**)