Foto: Ketua Pengabdi Dr. Nini Aryani, M.Pd didampingi anggota Herwina, M.Pd, Jumat (24/2).

BANGKINANG - Untuk meningkatkan pemahaman para guru Taman Kanak-kanak tentang perancangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) 'Aisiyah Riau melaksanakan pengabdian masyarakat dengan melatih para guru PG-PAUD TK 'Aisiyah Bustanul Athfal Kabupaten Kampar. 

Ketua Pengabdi Dr. Nini Aryani, M.Pd didampingi anggota Herwina, M.Pd, Jumat (24/2) mengatakan bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan di Kompleks TK Aisiyah Bustanil Athfal Bangkinang. Tim dosen juga mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian tersebut.

Dijelaskannya bahwa kegiatan telah dilaksanakan sebanyak dua tahap, yang mana tahap pertama dilaksanakan pada bulan Januari 2023 dan pelatihan tahap dua dilaksanakan pada Februari 2023 yang lalu.
Jumlah guru yang mengikuti pelatihan tersebut sebanyak 24 orang yang berasal dari guru-guru TK Aisiyah yang ada di Kabupaten Kampar. "Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Hibah RisetMu Batch VI,''ucapnya.

Nini menambahkan bahwa sebagaimana diketahui bahwa Kurikulum 2013 sudah mulai mengarah kepada penguatan karakter, namun menyikapi era digitalisasi seperti saat sekarang ini, penguatan nilai-nilai berprofil Pancasila menjadi pembaruan tersendiri. Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman guru dalam membuat modul tersebut, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat PAUD di Kabupaten Kampar,''pungkasnya. (**)