Foto: Umat Hindu Tulungagung  Gelar Ritual Melasti di Pantai Laut Bebas Retjo Sewu 

TULUNGAGUNG - Upacara Keagamaan dalam rangka  Hari Raya  Nyepi  Umat Hindu  Kabupaten Tulungagung  menggelar ritual  Melasti di  tempat persembahyangan pantai laut bebas Retjo Sewu Desa Besole, Kecamatan Besuki, Minggu (12/3/2023).

Upacara Melasti ini bertujuan untuk menyucikan diri sebelum melaksanakan  Nyepi.

Kurang lebih 50 Umat Hindu  melakukan sembahyang bersama menghadap ke laut,  mengenakan baju warna putih dilengkapi  udeng bagi pria,  juga  selendang dililitkan di  pinggang bagi  pria dan wanita.

Ketua  Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tulungagung  Heni Setiyowati mengatakan, Melasti   merupakan  upacara  pensucian diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut, terlebih  prosesinya  ini dilakukan di dekat  pantai laut bebas  Retjo Sewu  Popoh.

Menurutnya, dalam  kepercayaan Hindu, laut dianggap sebagai sumber kehidupan dan dimaknai sebagai pembersihan alam semesta termasuk bumi pertiwi.  Kesempatan ini  untuk memulai kembali kehidupan dengan hati yang suci.

Kata dia, Perayaan  Nyepi menjadi momen terbaik bagi Umat Hindu, berdiam diri tanpa nyala lampu seluler  di rumah, suasana tenang, diam dan tak bergeming dalam sehari penuh. Tidak beraktifitas dan sebagai  bagian  dari intropeksi diri. 

Selain  doa bersama, pada saat ritual  Melasti juga dilengkapi berbagai sesajian.  Di tengah tengah  acara   seorang pemuka Agama memercikkan air suci kepada semua umat Hindu yang datang. (Indh).