Foto : Deklarasi Pemilu Damai 2024, Dandim 0807/ Tulungagung tetap jaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Suaramuda.com - Dandim 0807/ Tulungagung Letkol Czi. Nooris Agus Rinanto, S.I.P mengapresiasi kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang akan ditanda tangani oleh partai politik (Parpol) peserta pemilu, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (8/10/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno, Ketua DPRD Tulungagung Marsono, 
Dandim 0807/Tulungagung Letkol Czi.Nooris Agus Rinanto, S.I.P , Kapolres Tulungagung, Kajari , Komisioner Bawaslu, diikuti sekitar 60 orang Forkopimda, KPU, Bawaslu, Parpol Toga dan Tomas.

Dandim 0807/Tulungagung Letkol Czi. Nooris Agus Rinanto, S.I.P menyampaikan, deklarasi pemilu damai 2024 dilaksanakan secara serentak di wilayah jajaran korem 81/Dsj dan deklarasi ini merupakan hajatan bersama untuk menjaga pemilu yang aman dan damai.

Tahapan pemilu sudah dimulai dan tak lama lagi akan dilaksanakan." Saya berpesan, dengan pesta demokrasi artinya kita jangan sampai keluar dari konteks demokrasi, kegiatan pemilu harus dilaksanakan sukses dan ditempuh dengan cara damai," ucapnya.

Dandim mengatakan, Sebentar lagi akan memasuki masa kampanye. " Mari kita gelorakan pemilu damai di setiap lini guna terciptanya pemilu damai di wilayah Kabupaten Tulungagung,"ajaknya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Pj Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, S.T.P.,M.T, bahwa Deklarasi Damai ini sebagai komitmen kita semua untuk menjaga Pemilu 2024 tetap damai dan kondusif, sebentar lagi akan memasuki masa kampanye diharapkan dapat berjalan kondusif. 

Menurut Heru, Deklarasi yang kita laksanakan hari ini bukan hanya sebagai seremonial belaka tetapi lebih kepada mengajak kita semua memiliki tanggung jawab sesuai bidang tugas dan peranannya masing-masing.

Pada sisi lain, Pemilu mempunyai arti penting sebagai sarana memilih wakil rakyat yang duduk di lembaga legislatif, DPD, maupun Puncak pimpinan nasional yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Preiden RI. 

Kepada tokoh masyarakat, tokoh agama pimpinan parpol ormas LSM profesi yang mempunyai hubungan secara struktur organisasi sekiranya dapat memotivasi dan meneruskan informasi sukses Pemilu kepada anggotanya. 

"Kepada seluruh PNS untuk tetap menjaga netralitas dan menjadi motivator bagi masyarakat ikut mensukseskan serta menggunakan hak pilih dalam pemilu 2024 nanti," jelas Heru Suseno.

Diakhir acara dilakukan penandatanganan Ikrar takad Pemilu damai 2024. ( Indh)