Foto : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno saat memantau pelaksanaan GPM di Desa Moyoketen

Suaramuda.com - Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno membuka acara roadshow Gerakan Pangan Murah (GPM) Kabupaten Tulungagung di halaman Balai Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu, Selasa (6/2/2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Agus Suswantoro mengatakan, tujuan digelarya kegiatan ini adalah untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok strategis, baik di tingkat produsen maupun konsumen. Selain itu juga untuk meningkatkan keterjangkauan serta daya beli pangan pokok dan strategis bagi masyarakat.

Adapun peserta roadshow gerakan pangan murah adalah dari Bulog selaku BUMN pangan, Pabrik Gula Mojopanggung, Kelompok ikan binaan Dinas Perikanan, Kelompok ternak binaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, IKM/ UMKM olahan pangan binaan Dinas Perindutrian dan Perdagangan.

Selain itu, Poktan (Gapoktan) binaan Dinas Ketahanan Pangan dengan komoditas atau produk yang ditawarkan adalah komoditas pangan strategis seperti beras, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah keriting, telur ayam, daging ayam, daging sapi, gula pasir, minyak goreng dan aneka sayuran serta berbagai produk olahan pangan lainya.

Di tempat yang sama, Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno mengapresiasi digelarnya acara Gerakan Pangan Murah (GPM), yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya penyediaan bahan pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau agar masyarakat dapat hidup sehat dan produktif .

Menurutnya, Pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat. 

“ Berbagai upaya dan langkah strategis terus dilakukan agar dampak dari kondisi cuaca yang fluktuatif tersebut tidak memberikan ancaman serius terhadap kondisi ketahanan pangan," ulasnya.

Selain itu, untuk menjaga stok pangan baik ketersediaan maupun kualitas pangannya, upaya lain yang dilakukan yakni dengan menjaga keterjangkauan harga di masyarakat.

"Gerakan pangan Murah merupakan salah satu upaya Pemerintah kabupaten tulungagung dalam mengantisipasi konsisi sekaligus pengendalian inflasi pangan dan sebagai bagian dari upaya stabilitas pasokan dan harga pangan," ucap Heru Suseno.

Pj Bupati berharap, perkembangan ketahanan pangan di Kabupaten Tulungagung,mulai ketersediaan, distribusi dan keamanan pangan di tingkat lokal, nasional maupun global dibutuhkan sinergi bersama untuk stabilitas pasokan dan harga pangan guna mendukung pemerintah dalam mewujudkan pangan yang kuat dan berdaulat. (Indh).