Foto : Setelah Sukses Meraih WBK, PN Bangkinang Gelar Public Campaign Pembangunan ZI Menuju WBBM

Suaramuda.com - Setelah Sukses meraih Meraih Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas 1B, kembali menggelar Public Campaign Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Publik campaign ini langsung diikuti oleh Ketua PN Bangkinang Soni Nugraha SH MH, didampingi Wakil Ketua AndrAndry Simbolon SH MH, para Hakim, Pejabat Struktural/Fungsional dan Karyawan/ti PN Bangkinang, hari rabu (05/05/2024) di Bangkinang Kota. 

Dalam acara tersebut Soni mengatakan, kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka mewujudkan program Mahkamah Agung RI yakni Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), pada badan peradilan di bawahnya. Pengadilan Negeri Bangkinang kelas IB mengadakan kegiatan Public Campaign Pembangunan Zona Integritas Menuju Pelayanan yang Cepat, Sederhana, Bersih dan Bebas Dari Korupsi. 

Kegiatan public campaign ini dilakukan dengan membagikan makanan ringan, dan stiker sebagai bentuk dukungan masyarakat dalam mewujudkan Zona Integritas Pengadilan Negeri Bangkinang menuju WBK dan WBBM. Kegiatan ini dilaksanakan sekitar pukul 08.30 WIB, dengan 3 titik lokasi yakni lokasi pertama di area Plaza Bangkinang Jalan Sisingamangaraja yang merupakan areal perbelanjaaan dan pasar yang banyak dikunjungi oleh masyarakat umum, kedua didepan BRI Jalan Jendral Sudirman dan yang ketiga didepan Kantor PN Bangkinang, Jalan Letnan Boyak Bangkinang Kota. 

Public Campaign Pembangunan Zona Integritas ini merupakan bagian dari sarana memperkenalkan program Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di PN Bangkinang sekaligus meminta dukungan dari masyarakat luas agar program ini dapat tercapai dan pada tahun 2024 ini PN Bangkinang dapat meraih predikat WBBM.

Alhamdulillah, dari pantauan langsung kita dilapangan, masyarakat menyambut dengan antusias kegiatan Public Campaign ini, banyak masyarakat yang senang karena mendapatkan snack (makanan ringan), selain itu banyak kendaraan yang melintas dengan senang hati untuk ditempelkan stiker yang berisi pesan mohon dukungan dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) PN Bangkinang. 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB dalam mendukung pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di wilayah Kab. Kampar pada khususnya dan seluruh Indonesia pada Umumnya. Pengadilan Negeri Bangkinang selalu optimis memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat dalam memperoleh keadilan hukum dengan “Sederhana, Melayani, Akuntabel, Responsif, Transparan” (SMART) dan Pasti Bisa, ucap Soni.

Untuk diketahui juga, berbagai prestasi mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional, terus diukir oleh Pengadilan Negeri Bangkinang. Dengan Motto SMART (Sederhana, Melayani, Akuntabel, Responsif, Transparan) dan Pasti Bisa, Pengadilan Negeri Bangkinang berhasil meraih Prediket WBK dengan nilai total 91.74. Tidak sampai disitu, PN Bangkinang juga sudah berhasil masuk tahapan Validasi Data Usulan Kenaikan Kelas Oleh Kemenpan RB.

Pada Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), PN Bangkinnag juga merhasil mendapatkan penghargaan dari KPPN Pekanbaru. Kemudian peringkat I Lomba Pelaksanaan POSBAKUM Tahun 2022, Peringkat 3 Lomba PTSP Tahun 2023 tingkat Nasional, Peringkat 2 pada Evaluasi Implementasi SIIP bulan Juli 2022 tingkat Nasional, Peringkat 3 terbaik kategori kualitas laporang keuangan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Riau. Akreditasi Penjamin Mutu (APM) berhasil meraih prediket A (Excellent) sejak tahun 2018-2022, dan banyak lagi penghargaan lainnya.


Dengan berbagai keberhasilan dan penghargaan yang kita terima, kita juga terus berinovasi dalam memberikan pelayanan dengan menciptakan aplikasi SIMAYANG (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Persidangan, SUPERDATA (Surat Permohonan Perkara Perdata), PERSONALITAS yakni Lembar Penilaian Personal Penyandang Distabilitas yang berhadapan hukum, LAMPU MARATUN (Layanan Informasi Publik Ramah Tuna Netra), SIPANJAR (Templet Pengambilan Sisa Panjar), MEXT SIIP (Monitoring Pengguna Eksternal Sistem Informasi Penelusuran Perkara), dan banyak lagi Aplikasi lainnya. (Ags)